Langsung ke konten utama

Langkah Kedua Cara Mudah Membuat Skripsi: Latar Belakang

Baiklah kita sekarang masuk ke langkah selanjutnya yaitu cara membuat latar belakang. Eit, sebelum kita mulai, saya minta anda duduk tegak simpan tangan di pangkuan, mata dipejamkan dan mulai mengatur napas, dengan cara narik napas dari hidung secara perlahan dan keluarkan dari mulut seperti orang yang besiul, perlahan juga. Manfaat dari tindakan ini adalah anda dapat meningkatkan konsentrasi.

Pastikan dalam pikiran anda bahwa membuat latar belakang merupakan langkah mudah dan anda pun sudah pernah melakukannya. Loh... apalagi nih? Saya yakin tanpa sedikitpun keragun anda sudah mengerti bahwa setiap tindakan apapun yang anda lakukan pasti ada latar belakangnya. Masih belum mengerti? Begini, saya yakin anda pernah memutuskan sesuatu tindakan atau sikap. Keputusan dan sikap anda itu dipertanyakan oleh orang lain. Karena anda yakin apa yang dilakukan itu benar maka anda menjelaskan dengan panjang lebar sejelas-jelasnya. Anda memberikan argumentasi dari tindakan anda dan untuk menyakinkan lawan bicara anda anda kemudian memberikan bukti-bukti otentik bila perlu berdasarkan penelitian anda. Yang anda lakukan itu adalah anda mencari pembenaran terhadap tindakan anda. Ingat anda mencari pembenaran terhadap tindakan yang anda lakukan.

Dalam penelitian pembenaran terhadap tindakan yang anda lakukan ada dilatar belakang. Latar belakang merupakan upaya anda menjelaskan kepada semua orang tentang masalah penelitian yang anda ambil. Mengapa anda harus menjelaskan latar belakang melakukan penelitian? Sebab, orang yang pertama kali melihat ada masalah adalah anda. Lantas muncul pertanyaan bagaimana yang harus dilakukan untuk dapat meyakinkan orang lain? Kaitannya dengan penelitian, anda harus dapat meyakinkan orang lain yaitu: penguji, pemberi dana, dan yang paling penting anda harus dapat meyakinkan diri anda sendiri bahwa masalah penelitian yang anda ambil adalah benar.

Benar apa? Masalah tersebut benar-benar memerlukan penelitian. Pembenaran yang dilakukan dalam latar belakang minimal harus menggambarkan:
1. Mengapa penelitian tersebut harus dilakukan?
Tentu alasanya bukan kerena anda ingin menyelesaikan pendidikan, he he bohong dikit...

Dalam menjelaskan ini, anda sebagai calon peneliti harus berupaya membandingkan antara harapan atau teori dengan kenyataan yang ada sehingga timbul kesenjangan (masalah).

Dari mana anda mendapatkan masalah? Masalah atau fenomena yang ada dapat diperoleh dari:
1.hasil penelitian pendahuluan (small research)
2.hasil penelitian orang lain
3.instansi lain yang sesuai
4.pengalaman calon peneliti

Data atau fenomena tersebut disusun dengan menggunakan metode deduktif atau induktif (dari umum ke khusus atau dari khusus ke umum).

Contoh menggunakan metode deduktif. Dalam kesempatan ini calon peneliti ingin menjelaskan data yang berasal dari organisasi kesehatan dunia, dinas kesehatan kabupaten, dinas kesehatan provinsi, departemen kesehatan, rumah sakit kabupaten atau kota, dan unit tertentu di rumah sakit kabupaten atau kota/puskesmas/masyarakat. Maka pada saat menuliskan calon meneliti mengurutkan data atau fenomena dari:
1.World Health Organization (WHO) (Dunia)
2.Depatemen Kesehatan (Indonesia)
3.Dinas Kesehatan Provinsi (Provinsi)
4.Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota (Kabupaten atau Kota)
5.Rumah Sakit/Puskesmas/Masyarakat
6.Unit Tertentu dari Rumah Sakit/Puskesmas/Masyarakat

2.Seberapa penting penelitian sehingga harus dilakukan?
Disini anda menjelaskan apakah kepentingan dari penelitian ini terkait dengan masalah penelitian yang anda temukan.

3.Bagaimana apabila tidak dilakukan penelitian?
Anda menjelaskan akibat jika penelitian tidak dilakukan, akibat dapat berupa akibat langsung maupun akibat tidak langsung.

4.Bagaimana apabila dilakukan penelitian? Apa keuntungannya?
Disini anda menjelaskan semua keuntungan yang diperoleh baik oleh anda maupun orang lain secara tersirat saja. Mengapa? Karena keuntungan atau manfaat akan anda bahas di manfaat penelitian.

Contoh:
Fenomena yang anda dapatkan.
Misalnya anda seorang bidan di desa, anda mendapatkan kenyataan bahwa ketempat anda banyak ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya, akan tetapi setelah dihitung atau dibandingkan ternyata proses kelahiran banyak dibantu oleh dukun beranak. Masalah ya?

Setelah diteliti lebih lanjut ternyata yang menggunakan jasa dukun beranak hampir dari semua kalangan tidak melihat sosial ekonomi, tingkat pendidikan dari ibu tersebut. Masalahnya apa ya?

Sekarang coba anda tarik apa masalahnya?

Sudah?
Boro-boro...masalahnya tidak menemukan masalah..he he he ....

Baiklah, ini masalahnya...
1.Banyak ibu hamil yang memeriksakan kehamilan ke bidan tetapi bersalin dengan dukun beranak.
2.Ternyata sosial ekonomi dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh dalam menentukan pemilihan persalinan

Betulkan itu masalahnya?Mengapa masalah? Menurut kita orang kesehatan dan panduan dari pemerintah bahwa pertolongan persalinan harus dilakukan oleh tenaga profesional. Betulkah?

Jika anda mengatakan betul lantas dari masalah tersebut kira-kira apa judul penelitiannya?????????

Baiklah saya bantu...daripada kita semua pusing.
Judul yang mungkin dari masalah tersebut adalah:
1.Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan tempat persalinan oleh ibu bersalin
2.Hubungan tingkat pendidikan dan sosial ekonomi dengan pemilihan tempat persalinan oleh ibu bersalin
3.Persepsi ibu bersalin dalam memilih tempat persalinan
4.Tingkat kepuasan ibu bersalin terhadap pelayanan bidan.

Komentar

  1. Aslmkm.. makasih banyak ne bro atas penjelasan LB dlm pnelitian..
    tp sya msih bingung dngan LB saya bro..
    Permasalahan yag saya temui tentng PNPM mandiri
    didalam PNPM mandiri tu kan ada yg namanya Tim Pengelola Kegiatan, yang mengelola kegiatan secara langsung, permsalahnnya
    1. TPK ini tidak mampu membuat pembukuan yg telah ditetapkan didalam administrasi TPK
    2. perencanaan pembangunan tidak sesuai dengan realisasi.
    3. Ketua TPK mengundurkan diri karena ketua TPK meminta dana operasional sebelum pengerjaan selesai.
    4. masyarakat mengalihkan kedua jorong sebagai koordinator hingga pengerjaan jalan selesai.
    nah saya dah buat latar belakangnya... dan memasukan masalah ini didalam latar belkang dengan judul proposal penelitian tentang KOORDINASI...
    tapi setelah saya bimbingan bahkan sudah 3kali memperbaiki LB, tapi kok masih salah bro..
    kasih tau dong bro gimana solusinya yang bagus untuk LB dalam Proposal saya....?
    soalnya dah 3 kali bro....please

    BalasHapus
  2. saya masih pusing, gan, tapi lumayan ada pencerahan

    BalasHapus
  3. thanks buat pencerahannya. sangat membantu..

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah...mksh kang atas pencerahannya, ^_^ lbih mudah di cerna, akang perawat ya?

    BalasHapus
  5. jangan2 agan dukun beranaknya ya,hee

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis analisis data dalam penelitian kuntitatif

Analisis univariate adalah sebuah analisis yang hanya menjelaskan sebuah variable, selain univariate ada analisis lain yaitu analisis bivariat (dua variable) dan analisis multivariate (banyak variable atau lebih dari 2). Analisis bivariate merupakan analisi yang dipergunakan untuk menganalisis hubungan 2 (dua) buah variable misalnya seorang peneliti ingin menguji apakah ada h ubungan antara kehadiran mahasiswa dengan prestasi akademik , maka untuk membuktikan apakah ada hubungan atau tidak seorang peneliti menggunakan analisis bivariate, misalnya annova, chi square, pearson, dan fisher exact test . Selanjutnya penggunaan analisis multivariate –digunakan apabila seorang peneliti ingin mengetahui bagaimana hubungan factor-faktor yang memperngaruhi terhadap sebuah variable, misalnya saat seorang peneliti ingin mengetahu factor yang mana yang mempengaruhi terjadinya hipertensi, apakah usia, jenis kelamin, pendidikan, diet, pengetahuan dan status ekonomi. Penggunaan jenis uji apakah

Cara Mudah Buat Skripsi: Etika Penelitian

Penelitian yang melibatkan manusia harus memperhatikan etika karena manusia yang dijadikan subjek penelitian akan menerima resiko dari penelitian disamping keuntungan yang dia peroleh dengan mengikuti penelitian. Memang ada keuntungan buat subjek penelitian? Keuntungan buat subjek penelitian adalah dia sudah dapat berperan serta dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang keuntunganya didapatkan di dunia dan akherat.. he he... Di dunia subjek penelitian akan mendapatkan minimal pensil (kalo ada...) dan diakherat dia dicatat sebagai amal ibadah. Amin... Disamping keuntungan secara pribadi, penelitian harus dapat memberikan kontribusi terhadap klinis dan pengetahuan. Kalau tidak ada manfaatnya, untuk apa melakukan penelitian.... Pada penelitian klinis yang melibatkan manusia, terdapat tiga prinsip etik yang harus diperhatikan yaitu: 1.Prinsip menghargai individu, prinsip ini dijalankan dengan memberikan informed consent pada subjek penelitian 2.Menjaga subjek penelitian yang memiliki keter

Langkah Keempat Cara Mudah Buat Skripsi: Membuat Tinjauan Pustaka

Langkah selanjutnya dalam membuat skripsi adalah membuat tinjauan pustaka. Sebenarnya langkah ini bisanya sudah dimulai dari awal pada saat menemukan masalah sebelum membuat judul penelitian...lah.. Biasanya kita akan mencari teori-teori yang mendukung sesuai dengan masalah yang telah ditemukan, kecuali masalahnya belum menemukan masalah...he he. Untuk melanjutkan apakah masalah yang kita temukan memang merupakan suatu masalah penelitian dan layak untuk diteliti? harus ada tinjauan teori yang dapat dijadikan sebagai pembenaran terhadap masalah yang kita dapatkan... studi literature sangat diperlukan jangan sampai pada saat kita sudah menentukan masalah penelitian, ternyata tidak ada buku sumbernya, alamat kiamat..he he he.. Upayakan segera melakukan studi literature pada saat anda menemukan masalah penelitian, darimana tahu bahwa ada bukunya atau tidak ada? Paling pertanyaan anda seperti itu. Tanya sama professor google, googling misalnya anda tertarik tentan